Minta Maaflah pada Tempatnya


Minta Maaflah pada Tempatnya - aliyamuch.com

Pernah dengarkah orang-orang yang segala-galanya minta maaf?

Minta maaf mau ke toilet ketika di dalam kelas.

Berbicara bahasa Inggris minta maaf kalau salah grammar.

Minta maaf ketika sebelum presentasi dimulai.

Minta maaf kalau ada acara kumpul-kumpul tapi tidak mau ikut.

Minta maaf kalau tidak suka acara wisuda dan tidak akan hadir.

Maaf, maaf, maaf...

....

Begini, loh....kata maaf itu diucapkan ketika kita melakukan kesalahan. Ketika kita melakukan sesuatu yang buruk, yang tercela, yang kotor, yang negatif, yang tidak bermoral, yang biadab, yang tidak berperikemanusiaan, you named it.

Kata maaf itu...

Bukan untuk menyenangkan orang lain. Bukan supaya orang lain mengangap kita orang baik. Bukan untuk basa-basi. Bukan untuk menyembunyikan rasa rendah diri. Bukan karena takut. Bukan karena ikut-ikutan. Bukan karena malu...

Intinya, minta maaf itu harus sesuai dengan aksinya (aksi negatif). 

Minta maaf itu harus pada tempatnya.

Oh ... mungkin ada yang berkata karena kata maaf itu mencerminkan adat ketimuran atau sudah menjadi tradisi di masyarakat Timur.

Please pahami, tradisi itu bukan harga mati!

Tradisi itu bukan suatu keniscayaan. Ia tidak bersifat mutlak.

Tradisi itu bisa dihancurkan jika sudah tidak relevan, jika sudah membunuh karakter-karakter asli masyarakatnya. jika sudah begitu menyengsarakan sehingga masyarakatnya kehilangan identitas diri.

Jadi, hancurkan tradisi yang sudah usang, ganti dengan tradisi yang baru, yang membuat kita memiliki identitas otentik sebagai manusia sebenarnya.

Kenapa harus bahas kata maaf ini?

Karena banyak orang yang menggunakan kata maaf secara berlebihan dan tidak pada tempatnya sehingga menjadikan mereka selalu galau tidak tahu apa yang harus dilakukan, tidak percaya diri terhadap kemampuannya, sulit menemukan bakatnya, selalu merasa salah dan tidak berguna, selalu merasa bodoh dan tak berarti, dll.

So, mulai sekarang, alih-alih dalam segala hal selalu menggunakan kata maaf, cobalah ganti dengan memperbanyak kata terima kasih. Apapun, ucapkan terima kasih dari dalam hati ... bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. It will be wonderful, I promise you!

-a

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.