Essential Oils yang Bagus untuk Deodoran


Essential Oils yang Bagus untuk Deodoran - aliyamuch

Selama lima tahun terakhir ini saya sama sekali tidak pernah lagi memakai deodoran konvensional. 

Saya beralih menggunakan natural deodoran yang dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana namun luar biasa.

Untuk wangi deodorannya saya menambahkan minyak esensial, macam-macam, sih contohnya beberapa di bawah ini.

1. Cedarwood Essential Oil

Cedarwood essential oil atau disebut juga minyak esensial kayu cedar mempunyai aroma kayu-kayuan yang memukau. Serasa berada di tengah hutan subtropis. Dengan manfaatnya sebagai antiseptik, antijamur, dan penenang maka sangat baik apabila digunakan sebagai pewangi deodoran.

Aroma hangat dan efek menenangkan yang dimiliki cedarwood essential oil ini mampu menambah rasa percaya diri. Dan katanya dapat mengubah perspektif seseorang. 

Serta memiliki efek tahan lama jika dijadikan pewangi tubuh karena aromanya yang cukup kuat.

2. Lavender Essential Oil

Minyak esensial lavender ini sudah tak asing lagi karena banyak manfaatnya, di antaranya antibakteri yang sangat kuat, antijamur, mengobati infeksi dari akarnya, menyembuhkan jerawat, mencegah infeksi, dan lain-lain.

Sebagai pewangi deodoran, minyak esensial lavender memberikan wangi bunga yang menyenangkan dan menenangkan dengan manfaat dapat meredakan iritasi kulit, menghilangkan bau badan dan membuat bakteri penyebab bau badan takluk. Maksudnya, antiseptik yang terkandung di dalamnya mencegah infeksi penyebab bau badan. 

3. Patchouli Essential Oil

Disebut juga minyak esensial nilam, minyak ini memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antijamur yang dapat menghambat perkembangan 20 jenis bakteri, salah satunya Gram-positive cocci and rods and Gram-negative rods. Serta dapat menghambat atau melawan 12 jamur.*

Karena memiliki aroma musky dan rempah yang kuat minyak nilam ini selama berabad lamanya telah digunakan sebagai parfum, penolak serangga, pengharum ruangan serta obat-obatan alami. Dan ketika digunakan sebagai pewangi untuk deodoran minyak esensial nilam dapat menyamarkan bau badan secara alami.

Baca juga: Custom Order Natural Deodorant

4. Cananga Essential Oil

Atau minyak esensial kenanga memiliki banyak khasiat, antara lain antidepresan atau sebagai penenang, antiseptik, detoksifikasi, antiradang, dsb.

Bagus untuk dijadikan pewangi deodorant karena karakteristiknya yang wangi dan menenangkan. 

Salah satu minyak favoritku untuk deodoran.

5. Citronella Essential Oil

Citonella essential oil atau minyak esensial sereh wangi. Wanginya seperti sitrun, menurutku dengan wangi khasnya yang segar. Mempunyai manfaat menangkal radikal bebas, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, relaksasi, membasmi parasit dan lain-lain.

Dengan kandungannya yang antibakteri dan antijamur sangat cocok untuk digunakan pada deodoran karena dapat mengurangi bau badan.

6. Tangerine Essential Oil

Tangerine essential oil atau minyak esendial jeruk keprok adalah jenis jeruk mandarin juga. Tapi, minyak atsiri jeruk keprok ini memiliki keunikan, yaitu kaya akan limonene antioksidan yang kuat. 

Limonene mencegah kerusakan DNA yang menyebabkan kanker. Selain itu, minyak tangerine menenangkan kecemasan dan kegelisahan sehingga jika dipakai pada deodoran wanginya sangat menenangkan. Baik untuk meningkatkan mental clarity, focus, and mood.

Saya sendiri sedang menggunakan natural deodoran dengan aroma ini, segar sekali.


NOTE:

Peringatan untuk ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit tertentu, dan pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari pemakaian (yang berlebihan) atau konsultasikan dahulu dengan dokter masing-masing.




*https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8893526

4 komentar:

  1. aku sebelum tidur selalu pakai essensial oil krn alergi debu, paling suka Pine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya mba Pine juga bisa?...saya juga alergi debu, dan dingin. Biasa pake cedarwood eo dihirup gitu dan so far mengurangi banget

      Hapus
  2. aku baru tau malah essential oil bisa jadi pengganti deodoran konvensional.

    btw, share dong cara buat essential oil yang mbak buat, aku pengen nyoba juga soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi harus dicampur lagi mba sama bahan-bahan lain. Saya nggak bisa buat essential oils hehe...paling deodorant, dll yang pake essential oils

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.